Bombardir Piranti Pintar Kian Marak

Posted on Disember 23, 2008. Filed under: edukation, teknology | Tags: , |

diprediksikan sebagai tahun emas para pehobi piranti teknologi informasi (TI). Bagaimana tidak, pada  sejumlah produsen piranti TI sudah memborbardir dunia dengan aneka piranti pintar serba guna.

Maka jangan terkejut kalau di tahun 2004 ini sebagian besar produk TI akan didominasi dengan produk yang lebih canggih tapi lebih murah. BBC News Online meluncurkan prediksinya akan seperti apa kira-kira produk yang menjadi tren pada 2004 ini. Telepon seluler (ponsel) misalnya, akan memulai debut pada teknologi generasi ketiga alias 3G yang didukung jaringan lebih luas. Sementara layanan musik Internet akan kian menguat yang memungkinkan user menikmati musik dengan biaya lebih murah.
Persaingan antara pengembang ponsel dan komputer genggam yang terjadi sejak 2003 akan terus berlanjut. Sedangkan ponsel kamera yang memang sudah mulai memasyarakat di Jepang dan Korea Selatan perlahan muli merambah negara Asia lain termasuk Indonesia. Tahun ini para pengguna ponsel kamera akan kian bertambah seiring dengan menurunnya harga produk. Belum lagi kemajuan teknologi yang membuat ponsel kamera bukan lagi sekadar kamera main-main karena handset-nya memungkinkan menangkap gambar dengan piksel lebih banyak. Sebut saja Samsung SGH V 700 atau Nokia 6600. Bahkan belakangan piranti sejenis ini sudah dilengkapi dengan flash alias lampu blitz seperti pada ponsel kamera built out Nokia 3100.
Perusahaan produsen TI seperti Sharp, Casio dan SonyEricsson telah melepaskan produk ponsel kamera dengan kemampuan megapiksel untuk pasar Asia. Sementara Nokia dan Motorola juga tak kalah siap meluncurkan produk serupa bagi kawasan Eropa. Tapi mereka patut juga mewaspadai produk smartphone, ponsel pintar yang dipadukan dengan personnal digital assistant (PDA). Belakangan mulai banyak produsen anyar yang mengkhususkan diri di bidang ini. Sebut saja Fifth Media.
Belum lagi pengembang program komputer Microsoft yang pada akhir 2003 kemarin memulai debut mengeluarkan ponsel bekerja sama dengan Motorola.
Jaringan 3G
Kompetisi para pembuat handset ini bisa makin marak akibat dipicu oleh munculnya jaringan 3G yang mengimingi user dengan kemampuan mengolah data lebih besar. Jaringan ponsel 3G ini membuat user mampu melakukan video telefoni, video streaming dan menyaksikan klip musik di ponselnya. Bahkan pengolahan data online bisa dilakukan lebih mudah. Salah satu ponsel yang sudah siap sedia beroperasi dalam jaringan 3G ini adalah SonyEricsson Z1010. Ponsel berbentuk tutup kerang yang baru beredar di Eropa ini memiliki semua fitur 3G.
Produk sejenis itu akan berkompetisi dengan produk paduan PDA alias Palm dan ponsel. Palm telah berupaya keras mendapatkan lisensi piranti lunak handheld-nya sehingga bisa dirangkum menjadi satu produk yang nyaman digenggam. Contoh dari produk mereka adalah Tapwave Zodiac, satu di antara produk Palm yang menghadirkan fitur konsol game serta video, musik dan PDA. Pesaing utamanya adalah Sony Playstation Portable (PSP) yang baru akan diluncurkan akhir 2004.
Kehadiran musik online juga kian memanjakan penikmat musik. Ditunjang lagi dengan aneka piranti musik seperti MP3 yang ditelurkan oleh Dell, Creative, Sonic Blue dan Panasonic. Mereka akan bersaing ketat dengan produk PDA musik Apple’s iPod yang juga mulai membanjir di kalangan pehobi musik.
Jadi, apa piranti incaran Anda di tahun 2004 nanti? Silakan buka mata lebar-lebar sebab akan begitu banyak piranti TI yang memanjakan semua kebutuhan itu. Musik, games, potret-memotret, menonton film, chatting, membuka email, sudah bisa dilakukan dengan satu saja piranti kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Selama kocek di kantong cukup, semua tak jadi masalah

Make a Comment

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: